Laman

Selasa, 23 Desember 2014

Tahapan Atau Fase Demam Berdarah

Tahapan Atau Fase Demam Berdarah ~ Penyakit demam berdarah memang bukan penyakit yang asaing, namun tetap saja penyakit ini masih meresahkan warga atau rakyat indonesia. Penyakit ini biasanya mewabah ketikan musim hujan tiba, dimana nyamuk-nyamuk pembawa virus lebih cepar berkembang biak. Artikel kali ini kan membahasa seperti apa fase demam berdarah itu.

Tahapan Atau Fase Demam Berdarah

fase demam berdarah
Jenis nyamuk yang menyebabkan penyakit demam berdarah dan dapat menularkan virus dengue ini adalah jenis nyamuk aides aegepty.

Berikut ini adalah langkah-langkah umum 3M yang dapat kita lakukan untuk mncegah terjangkitnya virus Demam Berdarah Dengue ini :
  •     Menguras
  •     Menutup
  •     Mengubur
Namun perlu kita ketahui ada satu langkah lagi yang sebenarnya sama pentingnya dalam mencegah dan mengatasi gejala demam berdarah, yaitu dengan menjaga kondisi tubuh.

Fase Demam Berdarah


Selain itu Anda juga perlu mengetahui seperti apa fase demam berdah itu sendiri. Berikut adalah fase demam berdarah :
  1. Fase demam berdarah yang pertama adalah pada hari 1-3 Fase demam tinggi, demam yang mendadak tinggi dan disertai dengan sakit kepala, sakit dibelakang bola mata, badan ngilu dan nyeri, mual, kadang disertai bintik merah dikulit tidak hilang saat kulit diregangkan. Pada beberapa penderita gejala demam berdarah ini ditemukan adanya nyeri tenggorokan, infeksi pada farings(tenggorokan) serta pada konjungtiva atau selaput yang melindungi kornea mata.
  2. Fase demam berdarah yang kedua adalah pada hari 4-5 akan mengalami fase kritis, fase dimana demam dan kadar trombosit mengalami penurunan dan sering mengoceh seolah terjadi kesembuhan. Namun fase inilah fase kritis kemungkinan terjadinya “Dengue Shock Syndrome” Dapat terjadi pendarahan hidung, mulut, kulit pucat dan dingin serta penurunan kesadaran.
  3. Fase demam berdarah yang ketiga adalah pada hari ke 6-7 masuk pada fase penyembuhan, keadaan penderita pada umum mulai membaik, mulai nafsu makan, hemodinamik atau peredaran darah mulai stabil dan diuresis atau frekuensi kencing akan mulai membaik dan normal. Dah pada fase ini penderita akan jauh lebih baik bila penderita diberikan makanan yang bergisi baik untuk meningkatkan keadaan tubuh serta meningkatkan kadar pada trombosit.
Itulah artikel kesehatan mengenai fase demam berdarah, semoga bisa membantu pengobatan demam berdarah bagi Anda yang mengalaminya. Semoga lekas sembuh.

Baca Juga Artikel Tentang Obat Demam Berdarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar